Menjaga Semangat Agar Tetap Menyala 

Bagi blogger pemula yang dibutuhkan adalah terus berlatih menulis setiap harinya sehingga lambat laun kualitas tulisannya meningkat. Itulah intisari dari tips dari blogger-blogger senior. 

Hal ini sangat mudah diucapkan, tapi prakteknya itu sulit. Mungkin dalam sehari dua hari atau seminggu semangatnya menggebu-gebu tapi apakah semangat itu akan terjaga hingga berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun. 

Saya merasakan kemalasan dalam diri saya tidak pernah menghilang. Ia muncul kapan saja. 

Tapi rutinya menulis hingga bertahun-tahun itu bukanlah hal yang mustahil. Bagi mereka yang sudah menulis sepanjang tahun mungkin ini hal yang sepele. Tapi bagi kami pemula keluar dari zona ini adalah hal yang berat.

Dulunya saya adalah orang yang sangat malas berolahraga, walaupun cukup banyak orang yang menyarankan saya berolahraga. Ramadhan tahun lalu menjadi tonggak perubahan besar dalam hidup saya. Seusai ramadhan tahun lalu saya mulai berolahraga dan kegiatan olahraga saya tidak pernah mengalami hiatus. Saya berolahraga setiap harinya kecuali pada hari-hari rest saja. Saya sudah berolahraga setahun penuh. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa kan? 

Kenapa saya begitu rajin berolahraga? Karena saya merasakan manfaat dari olahraga itu. Bagi saya olahraga bukanlah beban hidup tapi merupakan sebuah kesenangan hidup. 

Dalam ihwal menulis juga sama halnya. Hal pertama yang menggerakkan kita agar rajin menulis kita haruslah meyakini menulis setiap harinya punya manfaat yang hebat. Dan kegiatan menulis haruslah dijadikan sebagai kesenangan hidup, bukannya beban hidup. 

Sumber Gambar

Iklan

2 respons untuk ‘Menjaga Semangat Agar Tetap Menyala 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s