Kenapa Ibadah Terasa berat di bulan Ramadhan? 

Siapa di sini yang tidak pernah jogging atau berlari? Coba lari untuk pertama kalinya cuma 10 menit saja, pasti Anda ngos-ngosan, merasa cukup lelah atau bahkan jantung terasa copot. Padahal larinya cuma 10 menit saja. Karenanya bagi pemula dalam berolahraga butuh peningkatan sedikit demi sedikit, tidak sekaligus. Pada awal kali berolahraga Anda harusnya berjalan cepat saja. Dan intensitasnya ditingkatkan sedikit demi sedikit menyesuaikan kemampuan jantung. 
Baiklah, sebenarnya bukan tentang lari yang ingin saya bicarakan. Tapi ini menyangkut ibadah dalam bulan ramadhan. Setiap berakhirnya ramadhan selalu muncul rasa penyesalan. Penyesalan karena telah menyia-nyiakan waktu yang begitu berharga. 
Dalam jiwa terasa pergolakan yang cukup kentara. Satu sisi kita sangat tau bulan ramadhan merupakan waktu yang cukup bernilai, di mana ibadah-ibadah digandakan berlipat-lipat. Di sisi lain kita tidak mampu memperbanyak ibadah. 
Kita cukup merasa iri dengan orang-orang yang berhasil mengkatamkan Al quran hingga 6 kali. Kita iri dengan orang-orang yang selalu berjamaah setiap waktu dan orang-orang yang shalat tarawih setiap malamnya. 
Dan sudah puluhan motivasi tentang ramadhan yang kita dengar, kita baca. Tapi semuanya tidaklah menggerakkan kita untuk beribadah. 
Kesalahannya dimana? 
Kesalahannya tidak ada persiapan menyambut ramadhan yang memadai. Tubuh kita merasa syok dengan perubahan tiba-tiba. 

Sebelum ramadhan tidak pernah melakukan shalat sunnah satu rakaat pun, pas ramadhan tiba-tiba melakukan 20 rakaat tarawih. Tentunya tubuh kita terasa cukup berat. 

Sebelum tiba ramadhan satu lembar Al-quran pun tidak terbaca setiap harinya, dan tiba-tiba di bulan ramadhan ingin menghabiskan 1 juz dalam sehari. Mulut mana yang tidak terasa berat.

Iklan

2 respons untuk ‘Kenapa Ibadah Terasa berat di bulan Ramadhan? 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s